welcome / sugeng rawuh / selamat datang

Sabtu, 05 Desember 2015

Sejarah singkat penemuan mesin ketik





Beruntung kita terlahir di jaman modern ini, yang di mana perkembangan teknologi begitu pesat dari hari ke hari khususnya pada dunia Informasi dan Komunikasi. Untuk melakukan semua itu kini telah di mudahkan dengan adanya Komputer Jinjing atau yang biasa kita sebut dengan Laptop.
Laptop memang terbilang portebel karena bisa di bawa kemana-mana dengan menjinjingnya itulah kenapa di namakan komputer jinjing yang memudahkan  kita untuk menulis / mengetik referensi apabila kita menemui inspirasi di manapun. Dan kini bahkan telah di temukan komputer yang sangat portebel namun hanya baru ada beberapa di dunia dan harganyapun masih sangat mahal. Namun bila kita melihat jauh ke belakang untuk mengetik mereka menggunakan sebuah mesin yang bernama “Mesin Ketik”dan tidak dapat di bawa kemanapun karena ukuranya yang masih terbilang  besar di bandingkan laptop.

Berikut ini sejarah singkat penemuan Mesin Ketik.

Sebelum itu siapakah penemu mesin ketik? Ya, orang yang pertama menemukan Mesin Ketik bernama Christopher Latham Sholes. Pada 14 Februari 1819 – 17 Februari 1890 adalah seseorang yang berkebangsaan Amerika yang menemukan mesin ketik praktis pertama yaitu mesin Tik dan QWERTY keyboard yang masih di gunakan bsampai sekarang. Ia juga seorang penerbit surat kabar dan politisi Sin. Yang terlahir di kota Mooresburg Pennsylvania.

Latham pindah ke dekat Danville saat masih remaja di mana ia magang ke printer. Setelah Latham menyelesaikan magangnya ia pindah ke Milwaukee Wisconsin pada tahun 1837. Dan menjadi penerbit surat kabar & pollitisi yang melayani di wisconsin Negara Senat 1848-1857 dan majelis Negara Wisconsin 1852-1853. Dia berparan dalam gerakan sukses untuk menghapuskan hukuman mati di Wisconsin : surat kabar The Telegraph Kenosha melaporkan pada persidangan John McCaffary pada 1851 dan kemudian pada tahun 1853 ia memimpin kampanye di Majelis Negara Wisconsin. Ia adalah adik dari Cahrles Sholes yang juga seorang penerbit koran dan politikus yang bertugas di kedua Majelis Legeslatif Negara Wisconsin dan sebagai walikota Konosha.

Mesin ketik telah di ciptakan sejak 1714 oleh Hendy Mill dan di ciptakan kembali dalam berbagai bentuk sepanjang tahun 1800. Namun bagaimanapun Sholes adalah penemu pertama yang berhasil secara komersial. Sholes telah pindah ke Milwaukee dan menjadi editor surat kabar. Dan ia mencoba membuat sebuah mesin untuk typesetting tapi selalu menemui kegagalan dan akhirnya meninggalkan ide itu. Hingga berhasil menemukan mesin ketik dengan rute berbeda. Tujuan awalnya adalah untuk menciptakan sebuah mesin untuk halaman sejumlah buku tiket dan sebagainya. Dia mulai bekerja di toko mesin Kleinsteubers di Millwaukee bersama Samuel W. Soule, mereka mematenkan mesin penomoran pada 13 November 1866. Sholes dan Soule menunjukan mesin mereka untuk Carlos Glidden seorang pengacara dan penemu amatir di toko mesin bekerja sebagai bajak mekanik. Inspirasi lebih lanjut datang pada bulan Juli 1867 ketika Sholes menemukan sebuah catatan pendek di Scientific Amerika menggambarkan “Pterotype” sebuah mesin tik prototipe yang telah di ciptakan oleh John Pratt. Dari uraian tersebut Sholes memutuskan bahwa prototipe itu terlalu kompleks dan ia memutuskan untuk membuatnya lebih baik. Nama “Mesin Tik” di dapat dari sebuah artikel yang di bacanya. Untuk proyek ini lagi-lagi Sholes, Soule dan Glidden bergabung sebagai mitra ketiga yang menyediakan dana. Artikel Scientific Amerika Unillustrated telah di gunakan kiasan frasa “sastra piano”. Model pertama yang di buatnya memiliki keyboard harfiah menyerupai piano.

Pada tahap ini mesin tik buatan Sholes, Gildden, dan Soule hanya satu di antara puluhan penemuan serupa. Mereka menulis ratusan surat pada mesin mereka ke berbagai pihak salah satunya adalah James Densmore dari Meadville Pennsylvenia. Densmore meramalkan bahwa mesin tik akan sangat menguntungkan dan menawarkan untuk membeli saham paten bahkan tanpa melihat di letakkan pada mesin. Ketiganya segera menjualnya seperampat dari paten dengan imbalannya membeyar semua biaya mereka selama ini. Ketika densmore akhirnya di periksa mesin pada maret 1867 dia menyatakan bahwa semua itu baik untuk apa-apa dalam bentuk yang sekarang dan mendesak mereka untuk melakukan perbaikan.
Putus asa, Soule dan Gliddenakhirnya meninggalkan Sholes dan Densmore dalam proyeknya pada kepemilikan tunggal paten.

Menyadari bahwa stenograf akan menjadi salah satu pengguna pertama dan paling penting dari mesin tik dan karena itu yang terbaik dalam posisi untuk menilai kesesuaian mereka mengirim versi eksperimental ke beberapa stenograf. Yang paling penting dari mereka adalah James O. Clephane dari Washington DC yang mencoba instrumen karena tidak ada orang lain yang mencoba mendudukan mereka untuk tes tak tanggung-tanggung sehingga ia menghancurkan mereka satu demi satu secepat mereka bisa di buat dan di kirim kepadanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar