welcome / sugeng rawuh / selamat datang

Sabtu, 12 Desember 2015

fakta unik Bumi



Salam sejahtera buat kita semua,

Gimana sobb kabar kalian semua, pastinya sehat semua bukan. Ternyata planet yang kita injak ini mempunyai keunikan-keunikan yang sangat luar biasa dan menarik. Yang tidak membosankan untuk di simak, dan berikut beberapa keunikan tentang bumi yang akan saya sajikan khusus untuk kalian semua.

11. Usia yang sangat tua
Meteorid dan Bumi terbentuk di waktu yang sama, saat sistem tata surya terbentuk. Sehingga dengan menghitung usia batu tertua yang ada di planet ini dan meteorit yang di temukan di Bumi, ilmuwan dapat memperkirakan usia bumi. Yang di perkirakan berusia 4,54 miliar tahun. Batu tertua yang di ketahui bernama Nuvvuagittuq Belt yang berada di pesisir Teluk Hudson, Kanada.
22. Punya dua bulan
Bumi di perkirakan pernah mempunyai dua bulan. Satu bulan kecil berdiameter sekitar 1.200 km pernah mengitari bumi sebelum bertabrakan dan bertumpuk menjadi seperti yang kita ketahui sekarang.
33. Tempat terdingin
Apakah anda berfikir bahwa Antartika adalah tempat yang paling dingin di muka bumi ini yang memang sudah terkenal menjadi tempat terdingin yang suhunya bisa mencapai minus 73 derajat Celcius. Tapi, suhu lebih rendah pernah terjadi di Vostok Station, Rusia. Pada 21 Juli 1983. Yang mencapai minus 89,2 derajat Celcius.
44. Tempat terpanas
Tempat terpanas di muka bumi ini berada di El Azizi, Liby. NASA Earth Observatory mencatat, bahwa daerah ini pernah di landa suhu ekstrim hingga 57,8 derajat Celcius pada 13 September 1922.
55. Ukuran
Tempat yang sedang kita pijak ini mempunyai ukuran yang cukup lebar. Jika mengukur garis katulistiwa , Bumi memiliki diameter lebih kurang 24.901 mil atau 40.075 kilometer. Bumi merupakan planet terbesar ke lima pada tata surya kita.
66. Selalu Bergerak
Apakah anda merasa diam dan tidak bergerak. Tapi sebenarnya makhluk hidup yang ada di bumi ini selalu bergerak dengan cepat mengikuti rotasi bumi itu sendiri termasuk kita. Kecepatannya tergantung kita sedang berada di mana. Bagi yang tinggal di daerah garis katulistiwa akan bergeerak paling cepat, bisa lebih dari 1.000 mil atau 1.600 kilometer per jam. Berbeda bagi yang tinggal di daerah kutub, mereka tidak bergerak. Itu di karenakan kutub berada pada poros bumi, coba bayangkan saja jika anda memutar bola basket di ujung jari pasti titik bola yang berada di ujung jari anda akan tetap berada di ujung jari anda. Tak hanya bergerak pada porosnya, bumi juga bergerak mengitari matahari. Kecepatannya mencapai 107.826 km per jam.
77. Gempa Terdahsyat
Sepanjang sejarah kehidupan, gempa terdahsyat yang pernah tercatat yaitu 9,5 Skala Riter, yang terjadi pada 22 Mei 1960 di Chile, menurut USGS (US Geological Survey).
88. Batu Berjalan
Menurut peneliti dari Badan Antariksa AS (NASA). Bebatuan di Bumi bisa berjalan, mereka dapat berjalan pada Racetrack Playa, Death Valle. Di sini badai bisa memindahkan bebatuan yang memiliki berat mencapai puluhan bahkan ratusan pound.
99. Berwarna ungu
Menurut ahli genetika mikroba asal university of Maryland, Shil DasSarma. Ratusan bahkan mungkin ribuan juta tahun yang lalu, bumi pernah berwarna ungu bukannya hijau seperti yang kita ketahui sekarang ini. Itu di karenakan Mikroba purba yang di duga masih menggunakan molekul daripada klorofil untuk mengikat dan memanfaatkan sinar matahari. Dan proses itu memberikan efek warna ungu pada organisme tersebut.Klorofil di duga baru muncul setelah molekul yang sensitif terhadap cahaya matahari yang di sebut retina muncul di awal kehidupan bumi.
110. Emas yang Melimpah
Sebagian besar wilayah bumi di tutupi lautan. Di dalam setiap liter air laut mengandung sepersekian miliar gram emas. Dan di dalamseluruh lautan mengandung sekitar 20 juta ton emas. Tapi sayangnya logam ini sangat encer, Logam yang banyak di incar manusia khususnya kaum hawa ini juga larut pada bebatuan di dasar laut, dan sampai saat ini belum ada cara yang efisien untuk mendapatkan emas murni dari lautan.
111. Kembaran
Para ahli mempercayai adanya planet lain yang serupa dengan Bumi, memiliki kehidupan di dalamnya. Peneliti antariksa menemukan sejumlah bukti adanya keberadaan planet yang mirip Bumi yang mengorbit pada bintang yang sangat jauh dari tata surya kita. Salah satu planet yang mirip Bumi yaitu planet Kepler 22-b yang memiliki kontur dan habitat seperti Bumi. Dan juga di duga cocok untuk di huni manusia pada masa mendatang ketika Bumi sudah di anggap tidak layak huni.
112. Debu Kosmik
Setiap hari Bumi selalu di taburi debu dari langit. Yaitu sekitar 100 ton bahan antar planet, kebanyakan dalam bentuk debu melayang turun ke  permukaan Bumi. Partikel terkecil itu di lepaskan oleh komet saat es meleleh dan menguap ketika mendekati matahari.
113. Letusan mahadahsyat
Letusan gunung berapi terbesar dan terdahsyat yang pernah tercatat adalah letusan gunung Tambora yang berada di NTB, Indonesia pada April 1815, gunung yang berada di Pulau Sumbawa itu meletus dengan rangking super kolosal ke 7 dari skala Volcanic Explosivity Index (VEI) dari 1 sampai 8. Letusan ini termasuk letusan yang sangat keras hingga terdengar sampai pulau Sumatra yang berjarak 1.930 km. Dan korban tewas dalam bencana alam ini mencapai 71.000 orang.  Letusan ini juga memuntahkan debu vulkanik yang cukup tebal dan terbawa angin hingga sangat jauh.
114. Terkering
Tempat terkering di muka bumi yaitu Gurun Atacama yang berada di Chile dan Peru. Di pusat gurun ini terdapat beberapa tempat yang tidak pernah di singgahi hujan.
115. Gravitasi aneh
Salah satu gravitasi misterius yaitu berada di Teluk Hudson, Kanada. Daerah ini memiliki gravitasi lebih rendah dari wilayah lainnya. Itu di karenakan massa dari Bumi tidak merata. Dan massa yang tidak merata itu berakibat gravitasi yang tidak merata.
116. Cahaya Menari Di Langit
Cahaya yang terlihat seperti menari di langit itu di sebut aurora. Cahaya itu akan sering terlihat di daerah kutub. Saat yang tepat untuk menikmati aurora adalah saat di mana matahari memasuki siklus 11 tahunan yang kerap di sebut sebagai badai matahari. Cahaya selatan atau aurora Australis lebih jarang terlihat di banding aurora Borealis, Cahaya Utara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar